Mengenal Payment Gateway

Ilustrasi payment gateway

Sekarang ini, teknologi sudah banyak merubah gaya hidup serta model bisnis banyak orang. Banyak transaksi jual-beli lewat toko, ruko, ataupun mall telah dianggap tidak praktis. Dan karena hal ini lah, semakin banyak toko online atau e-commerce yang lahir di berbagai website ataupun media sosial. Untuk mensupport transaksi online di toko online atau e-commerce, perlu disupport dengan payment gateway terbaik untuk dapat memberikan opsi pembayaran yang beragam bagi user.

Apa itu Payment Gateway?

Payment gateway sendiri adalah transaksi online yang dapat mengotorisasi pembayaran dari menggunakan kartu kredit, transfer bank, ataupun pembayaran lain seperti e-wallet serta direct debit. 

Dan sistem enkripsi data nomor kartu debit atau kartu kredit yang melakukan prosesor pembayaran dapat menjamin bahwa transaksi kalian aman serta nyaman dilakukan. 

Cara Kerja Payment Gateway

Sebagai perantara toko online yang aman dan canggih, payment gateway terbaik di indonesia memiliki cara kerja yang mudah, yaitu,

  • Pembeli toko online kalian melihat serta mulai membeli produk berdasar informasi yang telah disampaikan oleh koneksi sumber payment gateway.
  • Payment Gateway nantinya akan meneruskan informasi yang ada ke payment processor bank kalian.
  • Payment processor nantinya akan meneruskan informasi transaksi yang ada ke asosiasi penerbit kartu yang dipakai, seperti Visa atau Mastercard.
  • Lalu, bank yang terkait akan menerima permintaan yang diberikan dan langsung mengirimkan balasan ke prosesor berupa kode khusus dan memberi konformasi apa transaksi nya berhasil atau tidak.
  • Dan payment processor akan mengirim pesan tersebut ke payment gateway, yang lalu akan diteruskan lagi ke website kalian dan pemegang kartu sampai transaksi berhasil dan selesai. 

Sistem Keamanan 

Melakukan transaksi atau pembayaran secara online tentu akan rentan adanya ancaman penipuan online atau beberapa pencurian data pelanggan. 

Dan untuk mengatasi hal tersebut, payment gateway pun telah memiliki prosedur untuk dapat melindungi transaksi pelanggannya lewat tiga sistem pelacakan, yaitu, 


1. Card Security Code (CV2)

Untuk yang ini, tiap proses transaksi pembeli akan diminta memasukan tiga digit atau nomor terakhir di bagian belakang karti kredit atau debitnya.

2. Address Verification System (AVS)

Lewat alat yang ini, rincian tagihan pembeli kalian akan diperiksa dan disesuaikan dengan alamat kartu yang mereka daftarkan.

3. 3D Secure Password

Yang terakhir ini dapat dipakai untuk sholat yang mengotorisasi pembayaran. Proses keamanan untuk standar yang ini harus lewat pembeli dan akan dilakukan payment gateway dan akhirnya dapat memastikan transaksi pembeli aman serta lancar.

Karena banyak muncul teknologi baru seperti payment gateway yang memiliki berbagai keuntungan untuk pembeli dan menjual dengan cepat telah mengubah berbagai bisnis menjadi online. Apalagi tata cara yang dijalankan pun serba otomatis dan dapat memudahkan berbagai pihak yang melakukan transaksi online. Dan karena itulah, banyak yang minat dan menjadikan payment gateway terbaik di indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *