4 Tips Mengoptimalkan Conversational Commerce pada Bisnis Online!

Ilustrasi Conversational Commerce

Saat ini penggunaan conversational commerce memang seperti hal wajib, untuk para pebisnis online. Fitur yang juga sering disebut dengan chat commerce ini akan memberikan kemudahan bagi para pebisnis online untuk berinteraksi secara lebih baik, dengan para pelanggannya. Agar fitur yang dimaksud dapat lebih dioptimalkan, tidak ada salahnya jika mempelajari hal-hal berikut ini :

1. Selalu siap ketika dibutuhkan

Agar penjualan anda lebih optimal. Pastikan fitur live chat selalu aktif, dan selalu siap melayani pelanggan yang membutuhkan. Tentunya pelanggan akan merasa senang, jika pertanyaan yang dilayangkan, mampu dibalas dan dibahas secara cepat. Dengan demikian, para pelanggan jadi lebih percaya ketika melakukan pembelian.

Akan lebih baik, jika Anda mampu menghadirkan fitur live chat ini selama 24 jam, selama seminggu penuh. Artinya para pelanggan dapat menanyakan berbagai macam hal yang ingin ditanyakan kapan saja. Tidak ada salahnya Anda mencatat, jam-jam kapan saja, para pelanggan akan sibuk bertanya dan menanyakan aneka macam pertanyaan pada fitur yang dmaksud. Jam-jam tersebut yang sebaiknya diperhatikan. Agar layanan yang diberikan nantinya semakin maksimal.

2. Menghadirkan fitur chatbot

Selain menggunakan fitur live chat, Anda juga dapat menggunakan fitur chatbot. Seperti namanya, maka pertanyaan yang diajukan oleh pihak pelanggan, akan dibalas oleh bot.

Tidak perlu khawatir, saat ini bot yang digunakan sudah terbilang pintar, dan mampu melakukan personalisasi bahasan yang diminta oleh para pelanggan. Dengan demikian, para pelanggan tetap akan memperoleh balasan pertanyaan dan informasi yang dibutuhkan secara cepat, praktis, dan pastinya efisien.

3. Mampu memberikan informasi secepatnya

Ketika seorang pelanggan ingin berbelanja online, pastinya butuh beberapa bantuan, terutama akan informasi produk yang akan dibeli. Bantuan tersebut, pastinya akan diberikan dan ditanyakan pada pihak penjual secara langsung.

Adapun pertanyaan yang diberikan pastinya beragam, Anda sebagai pihak penjual, sudah sewajarnya mempersiapkan aneka jawaban yang sekiranya akan ditanyakan oleh pihak pelanggan. Sebaiknya pelajari produk yang akan dijual secara mendetail, dan sebaiknya tulis secara rinci. Jadi ketika pertanyaan muncul, Anda sudah tahu jawabannya.

Pertanyaan yang diajukan mampu dijawab secara real time, pastinya membuat para pelanggan menyukainya. Ketika Anda menerapkan SOP, maka membalas chat dari pihak pelanggan, sebaiknya kurang dari 30 detik.

4. Tidak kaku

Adapun layanan Conversational Commerce ini, dibuat, untuk memberikan bantuan yang lebih hangat dan ramah pada para pelanggan yang bertanya. Jadi sudah pasti respon atau layanan yang diberikan, sebaiknya baik, ramah dan tidak kaku. Sehingga membuat para pelanggan merasa nyaman, akan layanan yang diberikan. Ketika Anda bertindak kaki, seperti robot, secara tidak langsung, hal ini akan memberikan efek yang kurang nyaman, pada fitur live chat yang diberikan.

Jadi, ketika Anda ingin menggunakan fitur conversational commerce, pada layanan bisnis online yang sedang dijalankan. Sebaiknya perhatikan beberapa hal yang disebutkan di atas, dengan baik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *