Tips Menekan Kerugian Investasi Jangka Pendek

investasi jangka pendek

Apakah anda sedang mempertimbangakan untuk melakukan investasi jangka pendek? Apakah anda sudah tahu apa sajakah resiko melakukan investasi jangka pendek? Pada umumnya orang lebih memilih melakukan investasi jangka pendek karena mereka ingin menyimpan uangnya untuk membiayai kebutuhan yang mereka harus segera penuhi. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir tergerusnya uang untuk biaya yang lainnya. Nah, jika anda ingin melakukan investasi jangka pendek berikut dibawah ini adalah tips menekan kerugian investasi jangka pendek yang bisa anda terapkan.

Mulai Dengan Modal Kecil 

Jika anda ingin menekan kerugian jangka pendek maka anda bisa memulainya dengan modal kecil. Meskipun kerugian investasi jangka pendek relatif kecil. Disamping itu, pastikan anda hanya menggunakan uang yang memang menganggur dan belum anda butuhkan untuk mencukupi kebutuhan anda. 

Memilih Investasi Yang Telah Dikenal 

Tingkat pemahaman serta pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai keuangan dan juga investasi memanglah masih sangat kurang dan rendah. Oleh karena itu, wajar saja jika tidak semua orang paham mengenai jenis-jenis instrumen investasi. Sehingga jika kalian ingin melakukan investasi jangka pendek maka pilihlah instrumen investasi yang sudah banyak dikenal. Contohnya anda bisa memilih deposito sebagai instrumen investasi anda. Usahakan untuk tidak melakukan investasi menggunakan instrumen yang belum anda kenal. Alternatif lainnya anda bisa belajar lebih dalam mengenai jenis instrumen investasi yang akan anda pilih. 

Pilih Instrumen Dengan Return Yang Tinggi 

Tips selanjutnya yang bisa anda terapkan adalah memilih instrumen investasi yang menawarkan imbal hasil yang tinggi. Jika anda berhasil melakukan investasi pada instrumen investasi yang memiliki imbal hasil tinggi maka kamu akan mendapatkan keuntungan yang relatif besar dalam waktu singkat. Oleh karena itu segera carilah instrumen investasi yang bisa memberikan potensi return terbaik. 

Kombinasikan Dengan Investasi Jangka Panjang 

Pada dasarnya untuk menekan resiko investasi jangka pendek bisa digambarkan seperti peribahasa “jangan meletakkan telur dalam satu keranjang”, hal ini menandakan bahwa untuk menekan resiko dari berinvestasi jangka pendek, anda harus melakukan investasi yang lain yaitu investasi jangka panjang. Nah, dengan anda bisa memadukan kedua jenis investasi ini maka anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang optimal. Namun, anda juga harus melakukan diversifikasi portofolio untuk menjaga nilainya tetap positif dan diatas inflasi. Investasi jangka panjang ini nanti juga akan membantu menjaga toleransi risiko supaya tidak terlalu tinggi nantinya. Salah satu contoh penerapannya anda bisa memilih instrumen investasi reksa dana sebagai pilihan. 

Demikianlah beberapa tips untuk menekan resiko kerugian investasi jangka pendek yang dapat anda lakukan. Namun, perlu dipertimbangkan juga kondisi ekonomi yang sedang tidak stabil sekarang ini. Jadi, lebih baik anda memikirkan secara matang-matang sebelum anda melakukan investasi baik itu investasi jangka pendek maupun jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *