Dampak yang Dihasilkan E-commerce yang Terintegrasi dengan Sistem ERP

ecommerce

Apakah anda pernah berbelanja secara daring atau online? Pastinya masyarakat kiwari (zaman sekarang) sudah tidak asing dengan kegiatan berbelanja secara online di e-commerce. Hal itu disebabkan karena sistem berbelanja online menawarkan pelayanan yang lebih mudah dan efisien dibanding harus berbelanja secara langsung. Ditambah, promo-promo yang disediakan perusahaan e-commerce terkadang sangat bombastis sehingga dapat menarik minat banyak orang untuk lebih memilih berbelanja di situs e-commerce. Namun, dari suksesnya propaganda-propaganda yang diberlakukan oleh perusahaan e-commerce dalam meraup banyak konsumen,  ternyata terdapat suatu sistem yang membantu pengelolaan pelayanan dari perusahaan-perusahaan e-commerce, yaitu sistem ERP. Apakah itu sistem ERP?

ERP yang merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning adalah sistem yang berguna untuk merencanakan serta mengelola beberapa sumber daya yang ada dalam sebuah perusahaan. ERP ini sendiri berbentuk aplikasi program yang dibuat untuk melayani dan mendukung fungsi-fungsi yang ada dalam perusahaan, agar pekerjaan yang harus dikerjakan perusahaan tersebut menjadi lebih efisien sehingga bisa memberikan pelayanan yang maksimal. Dari namanya saja yang terdapat kata ‘planning’, sistem ERP ini memang cukup menitikberatkan pada aspek perencanaan agar perencanaan perusahaan yang terintegrasi dengan sistem ini lebih terstruktur dan efektif.

Sistem ERP ini juga dapat membantu perusahaan e-commerce untuk memantau segala aktivitas bisnis yang diberlakukan, mulai dari proses produksi, penjualan, pengiriman, pengaturan persediaan dan lain-lain. Hal itu menggambarkan bahwa sistem ERP ini sangat berdampak positif untuk keberlangsungan perusahaan e-commerce yang saat ini sangat besar peminatnya. ERP hadir untuk membuat perusahaan e-commerce tidak kewalahan dalam berbagai aspek, terutama aspek perencanaan dan pendataan. ERP sangat berguna untuk pengaktualisasian data yang masuk saat proses penjualan, pengiriman dan lain-lain. Jadi, apapun kegiatan transaksi yang dilakukan saat pelanggan menggunakan layanan e-commerce dapat terdata secara otomatis dan tak akan terduplikasi ataupun mengalami kesalahan lainnya.

Dari hal-hal yang telah dijabarkan di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem ERP yang telah terintegrasi dengan pelayanan e-commerce ini sangat berdampak positif dan sangat menguntungkan bagi perusahaan e-commerce dari segi pengelolaan hingga segi pelayanan untuk pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *