Informasi Lampu PJU : Jenis Lampu Penerangan Jalan Umum

Lampu PJU yang digunakan di Indonesia saat ini ada banyak sekali jenisnya

Lampu PJU yang digunakan di Indonesia saat ini ada banyak sekali jenisnya. Beberapa jenis dari lampu jalan yang digunakan di Indonesia antara lain adalah sebagai berikut ini.

Lampu jenis HPL-N

Salah satu jenis lampu jalan yang bisa ditemukan adalah lampu jenis HPL-N. Lampu jalan ini merupakan lampu jalanan yang dibuat dengan menggunakan teknologi merkuri fluorescent. Jenis lampu ini termasuk lampu terang yang digolongkan dalam jenis lampu tabung. Hal inilah yang menyebabkan lampu jenis HPL-N ini juga bekerja seperti lampu tabung yaitu dengan menggunakan cahaya yang berasal dari percikan elektron yang terjadi di dalam tabung.

Jenis dari lampu merkuri tabung ini ada 2 jenis yaitu tabung Arc dan juga tabung luar yang dibuat dengan bohlam. Tabung bagian dalam memiliki radiasi UV serta gas argon yang digunakan untuk pemicu nyala lampu. Untuk tabung luarnya, fungsinya adalah digunakan untuk menjaga area lampu menjadi lebih stabil. Kelebihan yang dimiliki oleh lampu jenis HPL-N ini adalah mengenai daya yang digunakannya. Lampu jenis HPL-N ini membutuhkan daya rendah untuk bisa beroperasi. Selain itu, lampu jenis HPL-N ini juga memiliki rendering warna yang cukup baik sehingga cocok untuk digunakan sebagai penerangan di jalan.

Lampu jenis SON-T

Jika lampu HPL-N adalah lampu yang memiliki tekanan yang tinggi, maka Lampu jenis SON-T adalah lampu yang memilih tekanan yang rendah. Lampu jenis SON-T ini merupakan lampu memiliki kemampuan untuk bekerja yang mirip dengan lampu sodium jalanan. Lampu jenis SON-T ini juga merupakan lampu yang termasuk dalam lampu tabung dan memiliki 2 jenis tabung untuk digunakan yaitu tabung Arc dan juga tabung bohlam.

Lampu jenis LVD

Jenis lampu selanjutnya adalah jenis lampu jenis LVD. Jenis lampu ini merupakan jenis lampu yang memiliki efisiensi yang tinggi. Karena memiliki efisiensi yang tinggi, lampu jenis LVD ini menjadi salah satu jenis lampu yang banyak digunakan untuk mengganti jenis lampu PJU yang lama dan juga digunakan untuk lampu sorot.

Kelebihan dari lampu jenis LVD ini adalah mengenai daya kecil yang dibutuhkan untuk beroperasi. Meski daya yang dibutuhkannya kecil tapi nyala dari lampu jenis LVD ini cukup besar dan terang. Besar cahaya yang bisa dihasilkan dengan menggunakan lampu jenis LVD ini dikatakan setara dengan sodium yang membutuhkan daya yang lebih besar. Selain itu lampu jenis LVD ini juga merupakan lampu yang bisa hidup dalam waktu lebih dari 100 ribu jam. Sangat menguntungkan bukan?

Lampu jenis Neon TL

Selanjutnya adalah lampu jenis Neon TL. Lampu jenis Neon TL ini merupakan lampu jenis fluorescent. Kelebihan yang dimiliki oleh lampu PJU jenis Neon TL ini adalah daya yang digunakannya kecil dan memiliki suhu yang lebih rendah dibandingkan dengan lampu bohlam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *