Cara Kerja Genset Diesel

gambar aliran listrik

Genset diesel merupakan andalan sebagai alternatif ataupun cadangan pemasok aliran listrik ketika aliran listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) sedang mengalami gangguan atau tidak tersedia. Kata genset itu sendiri sebenarnya berasal dari kata generator dan set.

Aneka Jenis Genset (Generator Set)

Jenis genset ini juga bermacam-macam, tergantung pada besaran kapasitasnya juga pada jenis bahan bakar yang digunakan untuk menyalakannya. Salah satunya ialah genset diesel yang menggunakan bahan bakar solar. Selain itu, ada juga genset bensin dan genset gas.

Komponen yang Ada di Dalam Genset

Berbagai komponen suatu mesin genset itu antara lain ialah ada engine atau mesin utamanya, lalu ada alternator, dan fuel system, juga voltage regulatornya, dan cooling and exhaust system serta lubrication system, juga battery charger, dan control panel serta main assemblynya juga. Kesembilan komponen diesel tersebut di atas yang akan saling mendukung satu sama lain, sesuai fungsinya masing-masing, bekerja hingga suatu genset dapat menghasilkan listrik yang sesuai dengan keperluan serta kapasitas yang dibutuhkan.

Cara Kerja Genset Diesel

Suatu perangkat mesin genset akan mengubah tenaga mekanik hingga menjadi suatu daya tenaga listrik dengan melalui suatu proses induksi elektromagnetik. Salah satu komponennya, yakni alternator atau suatu penghasil arus bolak-balik (AC) akan menyuplai tenaga listrik pada saat terjadi gangguan yang tak diinginkan, dan pasokan atau suplai tenaga listrik tadi akan dipergunakan sebagai beban prioritas. Bahan bakar penggerak genset itu bisa berasal dari bahan bakar solar atau diesel ataupun bensin ataupun kincir angin, dan lain sebagainya. Genset akan menyala dan mulai bekerja dalam jangka waktu jeda sekitar sepuluh detik sejak saat dinyalakan atau dihidupkan. Genset yang paling banyak digunakan adalah genset yang berbahan bakar solar atau genset diesel, karena tidak mudah panas sehingga bisa lebih awet dan tahan lama. Meski ada sedikit kekurangannya, yakni pada harganya yang relatif lebih mahal. Suatu genset berbahan bakar diesel itu akan bisa menghasilkan energi listrik dengan daya sebesar sekitar 5000 watt atau 5 kw hingga 2 juta watt. Genset diesel ini ada yang dibuat dengan 2 buah silinder dan hingga 16 buah silinder.

Itulah cara kerja genset diesel, salah satu mesin atau perangkat pemasok cadangan listrik berbahan bakar solar, dan kesembilan komponennya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *