Percetakan Offset vs Digital Printing : Memilih Teknik Printing yang Tepat

Percetakan Offset

Percetakan offset dan juga sistem percetakan digital memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Kelebihan dan kekurangan inilah yang menyebabkan pemilihan keduanya lebih cocok untuk pekerjaan tertentu. Bagi anda yang ingin memilih percetakan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan anda, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan terlebih dahulu.

Sistem cetak offset

Sistem cetak offset adalah sistem cetak yang sudah ada sejak lama, sistem ini merupakan salah satu sistem yang juga disebut dengan litografi. Sistem ini dilakukan dengan menggunakan plat yang berisi tulisan yang nantinya digunakan untuk cetakan tinta sehingga kertas yang kosong yang melalui sistem cetak ini dapat memiliki tulisan. Sistem ini menggunakan sistem grafik klasik. Sistem ini banyak digunakan untuk pencetakan produk seperti majalah dan juga surat kabar.

Kelebihannya, sistem cetak offset ini merupakan dapat menghasilkan gambar dan warna yang lebih presisi. Selain itu, sistem cetak offset ini juga sangat cocok digunakan untuk mencetak di banyak jenis material yang anda inginkan. Untuk hasil cetak yang lebih lama, sistem cetak offset ini juga akan lebih cocok dibandingkan dengan proyek yang kecil. Hal ini disebabkan karena sistem plate yang digunakan oleh sistem cetak offset ini. Selain tidak cocok digunakan untuk pekerjaan kecil. Sistem ini juga memiliki tingkat kesalahan yang lebih tinggi dan membutuhkan waktu cetak yang lebih lama.

Sistem cetak digital

Untuk sistem cetak digital. Sistem ini merupakan sistem yang lebih baru. Karena sistem ini lebih baru, maka penggunaan sistem ini menjadi oleh populer dan dianggap lebih menggunakan dibandingkan dengan menggunakan sistem percetakan offset. Sistem ini memiliki kelebihan dari pengerjaannya yang cepat dan lebih cocok digunakan untuk melakukan cetakan dalam jumlah kecil. Selain itu, penggunaan sistem cetak digital juga lebih menguntungkan untuk menghasilkan hasil cetakan yang lebih identik dengan variasi yang lebih minim. Selain itu, dengan pengerjaan sistem cetak digital ini, maka sangat memungkinkan bagi anda untuk membuat cetakan dalam jumlah kecil bahkan 1 lembar saja. Sangat menguntungkan bukan?

Lalu apa kekurangannya? Kekurangan yang dimiliki oleh sistem ini adalah mengenai biaya yang dibutuhkan dalam cetakan dalam skala yang besar. Selain itu, sistem ini memiliki warna yang kadang kurang presisi karena standar yang dimiliki oleh printer digital tidak bisa menyamai standar warna yang diinginkan dari grafis yang diberikan.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, mana yang lebih baik? Yang lebih baik dari keduanya tergantung dengan kebutuhan anda. Jika anda ingin cepat dan tidak membutuhkan pengerjaan dalam skala besar, maka menggunakan item cetak digital akan lebih cocok. Tapi jika anda ingin kualitas dari cetakan lebih baik dan membutuhkan pengerjaan dalam skala besar, maka percetakan offset adalah jawabannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *