Memahami Corporate E-commerce Logistics

ilustrasi logistik di industri ecommerce yang besar

Logistik adalah suatu proses tahapan strategis dalam bidang pengelolaan diantaranya seperti perpindahan barang, penyimpanan barang, pengadaan barang, bahan baku hingga menjadi sebuah produk jadi. Dalam perusahaan yang menggunakan ecommerce sebagai salah satu channel penjualan, digunakan sistem corporate e-commerce logistics dengan alur informasi dengan koneksi pemasaran dan perusahaan untuk memperoleh keuntungan semaksimal mungkin dengan pengeluaran yang efisien dan tujuan memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan.

Jadi, corporate e-commerce logistics memiliki proses pengiriman atau perpindahan produk yang berkaitan dengan beberapa komponen yakni Manufacture, Supplier, Retailer, Distributor, kemudian berakhir di tangan konsumen.  

Saat ini perusahaan yang bergerak dibidang logistik semakin ketat persaingannya, perusahaan setidaknya harus mahir melayani pelanggan.Dalam hal ini perusahaan yang bergerak dibidang logistik harus bisa mengirimkan barang secara cepat kilat, dengan aman serta biaya yang cukup murah.  

Mengenai Ecommerce Logistik

Ecommerce logistik juga berarti jenis aktivitas yang berkaitan dengan pengolahan, akumulasi, penyimpanan elektronik dokumen, pertukaran dengan transaksi komersial transportasi dan internasional. Dengan elektronik logistik maka bisa memungkinkan untuk mengurangi biaya kendaraan untuk transportasi, mempercepat dan menyederhanakan. 

Selain itu, elektronik logistik dilakukan melalui internet pada berbagai aspek bisnis, bisa juga dikatakan sebagai proses yang menggunakan alat penting seperti teknologi web dalam mengelola aktivitas logistik secara menyeluruh. Jika kamu melihat dengan luas tentang elektronik logistik ini, maka e-logistik dalam KLT melakukan e-business dengan perusahaan, pelanggan dan internet.

Tujuan dari Ecommerce Logistik

Dari semua kegiatan logistik  bertujuan untuk mendapatkan income dalam mencapai tujuan tersebut perusahaan harus tepat waktu menyediakan barang dan lokasi yang tepat. Perusahaan juga harus melakukan beberapa proses dalam e-logistik. Mulai dengan kegiatan produksi, pengadaan barang, hingga menyalurkannya.

Dalam melaksanakan berbagai kegiatan logistik, maka perusahaan harus mempunyai standar performa yang dituntut untuk diraih. Tingkat performa tersebut berupa dengan kualitas pelayanan yangs eimbang dan tentu saja berdasarkan harapan konsumen dengan begitu semua pengeluaran biaya berguna untuk perusahaan dalam mencapai tujuan. 

Biasanya terdapat dua faktor sebagai penunjang dalam menentukan tingkat performa e-logistik,. Diantaranya mulai dari faktor biaya, dimana perusahaan menghabiskan biaya tersebut untuk melayani konsumen. Selanjutnya ada faktor pelayanan, dimana tingkat  layanan dari perusahaan 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *