Di Balik Kelebihannya, Berikut 3 Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

rangka atap baja ringan

Tidak ada yang meragukan lagi atas keunggulan rangka atap baja ringan yang sering kali digunakan sebagai media untuk bahan bangunan. Bahkan, banyak orang yang menganggap jika rangka dari galvalum ini cenderung lebih kuat dan juga tahan dalam waktu lama tanpa adanya resiko korosi. Namun demikian, perlu diketahui bahwa tidak semua kelebihan bisa menjamin secara menyeluruh karena ada banyak kekurangan yang dimiliknya.

Sekalipun rangka atap baja ringan tersebut memiliki banyak sekali kekurangan, namun jika dibandingkan dengan bahan lain, kecenderungan banyak orang yang memilih produk tersebut. Hal ini tidak lain karena kelebihan yang dimiliki bisa menutup kekurangan yang ada. Lebih lanjut, berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh rangka baja yang tidak banyak diketahui.

  1. Bahannya tidak tahan dengan air semen

Sebuah fakta mencengangkan mengungkapkan bahwa rangka atap baja ringan ini sama sekali tidak tahan dengan adanya air semen. Disebutkan bahwa air semen sering kali menyebabkan korosi sehingga tidak mengherankan jika rangka atap tersebut harus dijauhkan dari paparan air semen secara langsung maupun tidak langsung.

  1. Sangat mudah tergores

Sayangnya, untuk rangka baja ringan ini sangat mudah tergores sehingga untuk penyimpanannya juga harus hati-hati. Jika memang sudah tergores, maka peluang untuk menjadi korosi sangatlah besar. Hal ini disebabkan oleh adanya proses oksidasi antara oksigen dan juga zat kimia sehigga akan membuat rangka baja juga menjadi tidak tahan dalam waktu lama.

  1. Harga material yang sedikit mahal

Tidak dipungkiri lagi dengan berbagai keuntungan yang ada, rangka baja ringan tersebut dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Tentu saja hal ini menjadi pertimbangan untuk mengganti peranan kayu sebagai reng atap. Namun, jika memang sangat memungkinkan, Anda bisa menggunakan bahan ini sebagai penopang atas atap bangunan.

Selain beberapa kekurangan yang tersebut di atas, dikatakan bahwa rangka baja ringan ini juga kurang menarik ketika rangka tersebut kemudian terekspose. Jadi, berbagai hal tersebut di atas kemudian bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan demi menciptakan sebuah hunian yang nyaman dan pastinya juga tahan dalam waktu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *